Header Ads

SEKILAS BATIK NGANJUK

SENI BATIK NGANJUK


Apa sih Batik itu?Oke saya beri tahu. Batik itu adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendaw. Jika ingin tau tentang batik lebih lanjut silahkan klik pengertian batik menurut wikipedia

Kabupaten Nganjuk juga mempunyai batik khasnya yaitu batik Nganjuk. Pernah dengar tidak? atau baru kali ini?? sebelum mengerti tentang batik nganjuk, alangkah baiknya jika kita ngerti dulu mana itu Kabupaten Nganjuk. Siapa tau saja Anda tertarik dengan batik khas Nganjuk dan ingin melihat Batik Nganjuk secara langsung bahkan juga membelinya. 


Baiklah,, Kabupaten Nganjuk terdapat di Provinsi Jawa Timur, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di Selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Kabupaten Nganjuk dikenal dengan sebutan Kota Angin. Penamaan Nganjuk awalnya dari kata “Anjuk”, karena proses bahasa, atau merupakan hasil proses perubahan morfhologi bahasa, yang menjadi ciri khas dan struktural bahasa Jawa. Perubahan kata dalam bahasa Jawa ini terjadi karena gejala usia tua dan gejala informalisasi, disamping adanya kebiasaan menambah konsonan sengau “NG” (nasalering) pada lingga kata yang diawali dengan suara vokal, yang menunjukkan tempat. Hal demikian inilah yang merubah kata “Anjuk” menjadi “Nganjuk”.

Kabupaten Nganjuk memiliki kerajinan tekstil yang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu kain Batik Nganjuk. Batik merupakan salah satu pesona asli karya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai made in Indonesia yang telah universal. Sejarah bermulanya kegiatan membatik di daerah ini belum pasti tahun berapa. Batik Nganjuk memiliki motif yang khas seperti motif stupa atau motif monumen anjuk ladang atau jatastamba. Batik motif ini cocok digunakan untuk semua acara baik formal maupun non formal.


Kain yang bermotif stupa dan yang cenderung berwarna cerah ini ialah salah satu kain andalan para wong Nganjuk untuk memperkenalkan salah satu budaya daerah mereka.Dan motif yang ada pada batik nganjuk dibuat exclusive oleh ibu Taufiqurrahman beliau adalah istri bupati Nganjuk.


Batik khas Nganjuk ini banyak di gunakan oleh para pelajar mulai tingkat SD/SMP sampai dengan tingkat SMA di wilayah NGANJUK. batik nganjuk sudah sangat membooming diantara masyarakat karena keindahannya dan suatu pelestarian terhadap budaya kota tercinta.



 Berikut Aneka Gambar Batik Nganjuk :










Gambar Batik Monumen Anjuk Ladang :

Lihat pengertian motif batik diatas di Tentang batik monumen Anjuk ladang

Lhaa kalau yang satu ini merupakan Gambar Batik Nganjuk Motif Monumen Anjuk Ladang yang hampir serupa dengan yang atas:





No comments